Life is journey not a destinantion ...

Mengenal bahasa pemrograman Web

HTML
HTML adalah bahasa program komputer yang dirancang untuk pembuatan situs web. Situs web ini kemudian dapat dilihat oleh orang lain yang terhubung ke Internet. HTML relatif mudah untuk dipelajari, dengan bahasa dasar yang dapat dipelajari oleh kebanyakan orang dalam sekali duduk; dan dapat menghasilkan suatu website yang bagus. HTML terus mengalami revisi dan evolusi untuk memenuhi tuntutan dan persyaratan audiens Internet yang berkembang di bawah arahan W3C, sebuah organisasi yang bertugas merancang dan memelihara bahasa pemrograman.
HTML merupakan kepanjangan dari HyperText Markup Language.
HyperText adalah metode di mana anda menjelajahi di web - dengan mengklik teks khusus yang disebut hyperlink yang membawa anda ke halaman berikutnya. Fakta bahwa anda dapat pergi ke tempat mana pun di Internet dan kapan pun anda mau dengan cara mengklik hyperlink/tautan.
Markup merupakan tag HTML yang berisi teks dengan menandai sebagai jenis teks tertentu (teks miring, misalnya).
HTML adalah Bahasa, karena memiliki kata-kata kode dan sintaksis seperti bahasa lainnya.
CONTOH bahasa HTML:
<!DOCTYPE>  
<html>  
<head>  
<title>Judul halaman web</title>  
</head>  
<body>  
<h1>Tulis Judul Pertama Anda</h1>  
<p>Tulis paragraf pertama Anda.</p>  
</body>  
</html> 

CSS
Cascading Style Sheets (CSS) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk memformat tata letak halaman web. Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa yang digunakan untuk menggambarkan presentasi dokumen yang ditulis dalam bahasa World Wide Web, di samping HTML dan JavaScript.
Dengan CSS, Anda dapat mengontrol warna, font, ukuran teks, jarak antar elemen, bagaimana elemen diposisikan dan ditata, gambar latar belakang atau warna latar belakang apa yang akan digunakan, tampilan berbeda untuk perangkat dan ukuran layar yang berbeda, dan banyak lagi!
Contoh bahasa CSS:
<style>
body {background-color:lightblue; text-align:center;}
h1 {warna:biru; ukuran font:40px;}
p {font-family:verdana; ukuran font:20px;}
</style>

JAVASCRIPT
JavaScript adalah bahasa skrip atau pemrograman yang memungkinkan Anda menerapkan fitur kompleks pada halaman web — menampilkan informasi statis halaman web — menampilkan pembaruan konten tepat waktu, peta interaktif, grafik 2D / 3D animasi, jukebox video berputar, dll. 
JavaScript merupakan lapisan ketiga dari teknologi web standar, dua di antaranya (HTML dan CSS) yang telah dibahas sebelumnya.
  • HTML adalah bahasa markup yang kita gunakan untuk menyusun dan memberi makna pada konten web kita, misalnya mendefinisikan paragraf, judul, dan tabel data, atau menyematkan gambar dan video di halaman.
  • CSS adalah bahasa aturan gaya yang kita gunakan untuk menerapkan gaya ke konten HTML kita, misalnya mengatur warna latar belakang dan font, dan meletakkan konten kita di beberapa kolom.
  • JavaScript adalah bahasa skrip yang memungkinkan Anda membuat konten yang diperbarui secara dinamis, mengontrol multimedia, menganimasikan gambar, dan hampir semua hal lainnya. (Memang tidak semuanya, hasilnya menakjubkan jika menggunakan beberapa baris kode JavaScript.)
Contoh bahasa JavaScript:
<script>  
document.write("Halo JavaScript oleh JavaScript");  
</script>  

BOOTSTRAP
Bootstrap adalah kumpulan bahas HTML, CSS dan JS yang berfokus pada penyederhanaan pengembangan halaman web informatif (sebagai lawan dari aplikasi web) dan merupakan framework yang sangat populer di dunia pemrograman web. Dengan menggunakan boostrap tampilan atau front end sebuah web akan terlihat lebih hidup. Tidak hanya sampai disitu, bootstrap juga mengedepankan tampilan untuk mobile sehingga web yang dibuat akan lebih responsif.
Anda dapat mendownload bootstrap di website resmi Bootstrap, berupa kompilasi CSS dan Javascript, source code atau dengan tambahan paket yang anda sukai seperti npm, RubyGems dan banyak lagi.

PHP
PHP adalah bahasa scripting disisi server. yang digunakan untuk mengembangkan situs web Statis atau situs web Dinamis atau aplikasi Web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya adalah singkatan dari Personal Home Pages.
Skrip PHP hanya dapat proses pada server yang telah menginstal PHP. Komputer klien yang mengakses skrip PHP hanya memerlukan browser web.
Selain itu, PHP juga merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source. Pengguna bebas memodifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentunya jika memiliki kemampuan coding yang baik, ya

Mengapa menggunakan PHP:
  • Cenderung mudah dipelajari — dibanding beberapa bahasa pemrograman populer lain, PHP lebih mudah dipelajari. Materi belajar yang melimpah — dengan usia PHP yang “cukup tua”, banyak sekali dokumentasi, panduan, dan komunitas aktif bertebaran di internet. Jadi, lebih mudah untuk belajar. 
  • PHP bersifat open-source — siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. 
  • Kecepatan tinggi — PHP terbukti bisa meningkatkan kecepatan loading dibanding bahasa lain. Misalnya, lebih cepat tiga kali daripada Phyton pada beberapa kasus. Banyaknya pilihan database — PHP bisa digunakan di hampir semua jenis database. Mulai dari MySQL, hingga non-relational database seperti Redis. 
  • Kompatibilitas yang baik dengan HTML — script PHP tidak mengganggu HTML sama sekali. Justru mereka berdua saling melengkapi. 
  • Fleksibilitas tinggi — PHP bisa dikombinasikan dengan banyak sekali bahasa pemrograman lain. Sehingga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Multi-platform — PHP bisa Anda gunakan di macam-macam operating system. Mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS. 
  • Selalu Update — sejak pertama kali muncul tahun 1995, PHP sudah berada pada versi 8.0.0 Mendukung layanan cloud — 
  • Mendukung layanan cloud dengan skalabilitas yang baik. 
Contoh bahasa PHP:
<!DOCTYPE>  
<html>  
    <body>  
        <?php  
            echo "Halo dunia menggunakan echo </br>";  
            ECHO "Halo dunia menggunakan ECHO "</br>;  
            EcHo "Halo dunia menggunakan EcHo "</br>;  
        ?>  
    </body>  
</html>

Selain bahasa pemrograman yang disebutkan diatas, masih banyak lagi bahasa pemrograman lain yang bisa kita pelajari.......

 

Berita Top News - ANTARA News

Suara.com - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

Copyright@tanztj.2010. Powered by Blogger.

Followers