Friday, August 14, 2009

Jenis Musik

Hard Rock : merupakan sub-genre musik rock yang memiliki berawal pada pertengahan tahun 1960-an dan dan jenis musik ini lebih keras dibandingkan musik rock konvensional. Jenis musik ini lebih banyak menggunakan alat musik seperti gitar listrik, gitar bass, drum, piano, dan keyboard lainnya.

Funk Metal : merupakan perpaduan jenis musik yang muncul di tahun 1980-an, khususnya antara jenis musik Funk dan Heavy Metal. Ciri-cirinya suara gitar heavy metal yang keras, karakteristik tekhnik funk bass , dan kadang-kadang gaya hip hop masuk kedalamnya. Contohnya grup musik dengan jenis musik ini : Eric Burdon, Infectious Grooves, Primus, Mammal, Red Hot Chili Peppers, Incubus, Living Colour, Faith No More, Mr. Bungle, Rage Against the Machine, Suicidal Tendencies, 24-7 Spyz, Extreme dan lain-lain.

Heavy Metal : adalah jenis musik rock yang dikembangkan pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, sebagian besar di Inggris dan Amerika Serikat. Dengan berakar pada jenis blues-rock dan psychedelic rock, grup musik yang beraliran jenis ini mempunyai ciri-ciri distorsi suara keras, solo guitar panjang, bit-bit yang tegas, dan keseluruhan musiknya yaring. Lirik dan gaya Heavy metal biasanya dikaitkan dengan kejantanan dan keperkasaan. Grup musik yang mula-mula mengusung jenis ini seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple.

Alternative Rock : merupakan jenis musik rock yang muncul di tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990-an. Alternative rock terdiri dari berbagai jenis musik independent yang muncul sejak 1980-an, seperti grunge, Britpop, gothic rock dan indie pop. Contoh grup musik yang menggunakan jenis ini : R.E.M. dan The Cure dimana mereka mencapai keberhasilan komersial dan mendapat pengakuan pada saat itu. Dengan terobosan Nirvana dan popularitas jenis musik grunge di tahun 1990-an, jenis alternatif rock memasuki aliran musik dan banyak band alternatif menjadi sukses.

Thrash metal : merupakan sebuah jenis musik yang berasal dari Heavy Metal yang dicirikan dengan tempo cepat dan agresif. Lagu Thrash Metal biasanya menggunakan kecepatan, liriknya sering bercerita tantang masalah-masalah sosial dan dengan bahasa yang blak-blakan. Empat band besar yang mengusung jenis ini : Anthrax, Megadeth, Metallica dan Slayer yang terbentuk dan sekaligus menjadi populer pada awal tahun 1980-an.

Glam Metal juga dikenal sebagai Hair Metal merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan visual gaya tertentu band Heavy Metal yang munculpada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an di Amerika Serikat, khususnya di Los Angeles. Jenis musik ini populer sepanjang tahun 1980-an dan pada awal tahun 1990-an (tidak lama).

Rock : merupakan aliran musik populer yang masuk di tahun 1960-an dan berakar di tahun 1940-an dan 1950-an sebagai rock and roll, rhythm dan blues, musik dan juga negara drew tentang musik, jazz dan musik klasik.

Suara rock sering revolves sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan menggunakan kembali memukul kuat meletakkan bawah oleh ritme bagian listrik gitar bass, drum, dan keyboard instrumen seperti organ, piano, atau, sejak tahun 1970-an, synthesizers . Bersama dengan gitar atau keyboard, saksofon dan blues gaya harmonika mulut kadang-kadang digunakan sebagai instrumen soloing. Dalam "purest form", maka "memiliki tiga chords, yang kuat, berkeras kembali memukul, dan catchy melody." [1]

Pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, musik rock dikembangkan subgenres berbeda. Ketika ia dijus dengan musik itu dibuat kaum rock, blues dengan membuat dan blues-rock dengan jazz, untuk membuat jazz-rock fusion. Pada tahun 1970-an, rock tergabung pengaruh dari jiwa, funk, Latin dan musik. Juga di tahun 1970-an, rock berkembang sejumlah subgenres, seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progresif rock, dan punk rock. Rock subgenres yang muncul di tahun 1980-an termasuk New Wave, hardcore punk rock dan alternatif. Pada tahun 1990-an, rock subgenres disertakan grunge, Britpop, indie rock, dan nu metal.

Kelompok musisi khusus musik rock yang disebut rock band atau grup rock. Banyak grup rock yang terdiri dari gitar listrik, memimpin singer, gitar bass, dan drum, membentuk kuartet. Beberapa kelompok mengabaikan satu atau beberapa peran dan / atau memanfaatkan yang mengarah singer yang memainkan instrumen sambil bernyanyi, kadang-kadang membentuk trio atau duo; musisi lain termasuk tambahan seperti satu atau dua rhythm guitarists dan / atau KEYBOARDIST. Lebih jarang, kelompok juga memanfaatkan instrumen seperti gesekan violins atau cellos, woodwind instrumen seperti saxophones, kuningan dan instrumen seperti sangkakala atau trombones.

bersambung....

0 komentar:

 

Tanztj's Weblog