Thursday, July 2, 2009

Widget Tambahan untuk Blogger

Banyak sekali layanan pihak ketiga yang sering digunakan para blogger untuk berinteraksi dengan pembaca. Di sini ada beberapa daftar layanan pihak ketiga yang sering digunakan dengan link langsung pada pihak ketiga yang anda inginkan. Kalo layanan yang anda cari tidak ada disini, mohon beri komentar untuk tambahan atau link yang error atau anda bisa mencarinya sendiri dengan mesin-mesin pencari di internet seperti Google.

o Hit Counters and Statistics : Apakah anda ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang datang pada blog anda atau dari mana asal mereka? Untuk mengetahuinya anda bisa memasang widget yang memberitahukan pada anda tentang lalu lintas yang terjadi di situs anda. Sebuah hit counters sederhana hanya menampilkan total jumlah pengunjung saja, sedangkan situs layanannya memberikan anda informasi pada anda tentang pengunjung, browser yang digunakan, waktu kunjungan dan banyak lagi. Daftar layanannya:
o Photo Albums dan Photoblogs :Photo albums bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan pada sebuah blog. Contohnya anda bisa berbagi dan bercerita tentang perjalanan terakhir anda ke bali dengan banyak foto-foto saat perjalanan. Saat anda membuat photo album dan memasukkan foto anda, pembaca anda bisa menekan link dan melihat foto-foto anda dengan format thumbnail atau slideshow. Daftar layanannya: o Trackback : Saat ini Blogger belum mendukung fasilitas Trackback. Tapi Blogger menyediakan fasilitas backlink.Backlinks memungkinkan anda menelusuri halaman situs lain di internet yang berhubungan/mempunyai link dengan posting anda.

Pengaturan backlinks bisa anda lakukan di Dashboard | Settings | Comments, dengan cara mengaktifkan atau menon-aktifkan fasilitas tersebut.

o Aplikasi Pihak Ketiga : Beberapa aplikasi pihak ketiga sudah terintegrasi dengan Blogger. Aplikasi ini bisa anda download dan menggunakannya di komputer atau di handphone anda. Salah satu tujuan aplikasi ini mempermudah anda membuat posting baru secara offline..

Windows

Mac OS X

Web Apps

Linux

Mobile/PDA

o Tagboards : Tagboards merupakan kotak pesan kecil yang terletak diblog, dimana pengunjung bisa meninggalkan catatan atau pesan pada anda. Berbeda dengan "Komentar" yang bisa ditampilkan disetiap posting, Tagboard selalu tampil untuk keseluruhan blog/situs anda, dan pengunjung bisa membacanya dihalaman awal blog/situs anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pengunjung dan membuat komunitas kecil di blog anda.

Banyak situs yang memberikan layanan ini, contohnya:

o Guestbooks : Guestbooks merupakan satu cara dimana pengunjung yang datang memberikan pesan atau komentar pada anda. Tidak seperti tagboard, sebuah guestbook biasanya terletak di bagian tertentu halaman saja, dan bisa berupa pesan yang bersifat umum atau pesan yang bersifat rahasia. Beberapa layanan yang menyediakan guestbook:
o Smilies and Emoticons :

Failitas ini bisa membuat posting yang anda tampilkan menjadi lebih berwarna, menarik dengan gambar animasi.

1 komentar:

cari-lovinzsky on September 26, 2011 at 7:08 PM said...

nubie mau tanya nih
klo pengen bikin logo gambar buat tukeran link gmna?
mampir juga ke blog saya yah..
cari-lovinzsky.blogspot.com

 

Tanztj's Weblog