Tuesday, August 4, 2009

Registry Windows XP

Windows Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan pengaturan untuk Microsoft Windows versi 32-bit. Berisi informasi dan Pengaturan untuk hardware, software, pengguna, dan preferensi. Semua perubahan sistem, perubahan seperti screen saver, menambahkan driver (contoh : kartu suara), pemasangan dan penghapusan perangkat lunak disimpan dalam Registry.

Cara Mengedit Registry
Registry Editor disertakan dengan Windows, namun Anda tidak akan menemukannya pada Start Menu. Regedit memungkinkan Anda untuk melihat, mencari dan mengedit data di dalam Registry. Cara yang sederhana untuk menjalankan Registry Editor adalah dengan klik Start - Run, lalu ketik regedit (Memanggil Regedit.Exe). Akan tampil windows seperti gambar di bawah ini.



Struktur Registry
Registry memiliki struktur hirarki, seperti struktur direktori pada hard disk, atau yang mirip dengan Windows Explorer. Setiap tombol dapat berisi KEY dan SUBKEY serta NILAI. Nilai-nilai tersebut berisi informasi tentang sistem komputer. Terdapat tiga jenis nilai; String, Binary dan DWORD. Ada Lima cabang utama dalam Registry Windows XP yang masing-masing berisi informasi yang berbeda-beda:

HKEY_CLASSES_ROOT: Berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Classes sub-key. Informasi cabang ini berisi asosiasi tipe file, Informasi Ole dan Shortcut data.
HKEY_CURRENT_USER: Berhubungan dengan HKEY_USERS berisi informasi user yang menggunakan PC saat itu.
HKEY_LOCAL_MACHINE: Berisi informasi komputer khusus tentang perangkat keras, perangkat lunak (software), dan lainnya. Informasi ini digunakan untuk semua pengguna yang masuk ke komputer ini.
HKEY_USERS: Berisi informasi individu untuk setiap pengguna komputer. Setiap user diwakili oleh SID (Security Identifier) terletak di bawah cabang utama.
HKEY_CURRENT_CONFIG: Berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE \ Config yang berisi informasi hardware secara detail.

0 komentar:

 

Tanztj's Weblog