Friday, June 5, 2009

Memasang Template pada Blogger

Sangatlah mudah dalam pemasangan template pada blogger, disini dijelaskan tahapan-tahapan untuk memasang template yang bisa anda download disini.
  1. Pertama-tama download template yang kita inginkan lalu extract/unzip menggunakan program Winzip, Winrar atau program sejenis. Setelah di extract/unzip akan terlihat folder dengan nama file yang anda download dan berisi file dengan extension ?????.xml.
  2. Kita lanjutkan dengan login pada Blogger Home dan masuk pada menu Dashboard kemudian pilih Tab Layout.
  3. Langkah ini yang penting, karena setelah memasang Template baru, semua Widget yang pernah dipasang seperti google adsense, text, profile dan lainnya akan hilang. Agar tidak hilang anda pilih menu Edit pada widget yang akan disimpan, kemudian copy/paste pada editor seperti notepad atau yang lainnya.
  4. Selanjutnya, pada Tab Layoutu pilih menu 'Edit html'

  5. Anda akan lihat opsi "Download Full Template", maka lakukan saja.
  6. Setelah selesai, anda mulai untuk mengupload template yang baru dengan cara menekan tombol Browse dan tujukan pada file yang berkahiran xml yang sudah didownload.
  7. Setelah proses Upload selesai, akan tampil pesan yang akan menghapus widget yang ada. Tekan tombol Confirm & Save (karena sebelumnya widget tersebut sudah disimpan, langkah 3)
Sekarang anda sudah berhasil memasang template yang baru, jangan lupa memasang kembali widget yang sudah di backup (langkah 3).

0 komentar:

 

Tanztj's Weblog