Tuesday, June 9, 2009

Blog Lebih Cepat Membuka Halaman (Blogger)

Kecepatan membuka halaman merupakan salah satu langkah yang akan menarik para pembaca agar selalu mengunjungi blog anda. Jika blog kita lambat mungkin para pembaca sudah meningglakna blog kita sebelum halamannya terbuka secara keseluruhan. Disini ada bebarapa tips agar blog anda bisa lebih cepat mebuka halaman dan lebih mudah berinterkasi dengan pembaca.

Posting
Waktu untuk membuka halaman dipengaruhi oleh banyaknya jumlah posting yang ditampilkan dihalaman blog. Anda bisa merubah jumlah tampilannya dengan cara masuk ke Dashboard lalu pilih Setting | Formatting tab. Anda bisa merubah jumlah posting yang akan tampil dihalaman awal, direkomendasikan maksimal 10 posting, karena berkurangnya jumlah posting akan mempercepat terbukanya halaman awal blog anda.


JavaScript dan Link
Untuk mengoptimalkan kecepatan mebuka halaman awal, direkomendasikan untuk menggunakan Google/Blogger widgets, JavaScipt and links. Kalaupun tidak menggunakan fasilitas tersebut sebaiknya anda menyimpan JavaScript tersebut dibagian bawah blog anda. Jika JavaScript tersebut dipergunakan untuk Sidebar, tempatkan JavaScript tersebut di bagian bawah Sidebar.

Gambar dan Media lain
Beberapa gambar, video atau arsip multimedia lainnya yang anda miliki diblog anda memakan waktu yang agak lama saat membukanya. Tapi gambar atau arsip multimedia lainnya merupakan hal yang penting untuk berinteraksi antara pembaca dengan blog anda. Maka sangat penting untuk mengoptimalkan kecepatan saat membuka gambar dan arsip multimedia lainnya. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk hal diatas :
  • Mengurangi ukuran gambar atau menggunakan thumbnail yang menunujukan link pada gambar ukuran sebenarnya.
  • Jika menggunakan gambar dari pihak ketiga, lebih baik meng-upload ke Picasa Web Albums melalui Blogger post editor.
  • Jika anda mempunyai banyak gambar yang akan ditampilkan, upload seluruh gambar ke Picasa Web Albums dan buatkan link pada album di posting anda atau di Sidebar.
Anjuran Lain
  • Jika anda menambahkan script CSS pada blog anda, tempatkan script CSS tersebut pada bagian atas halaman.
  • Anda dapat menghitung kecepatan membuka halaman pada blog anda dengan menggunakan Stopwatch. Masukan alamat URL blog anda lalu tekan tombol "Start StopWatch". Stopwatch akan membuka halaman blog anda dengan frame Stopwatch diatasnya dan menghitung kecepatan membuka halaman blog anda termasuk gambar, video, widget dan lain-lain. Jika menurut anda lambat anda bisa merubah dan memodisikasi posting yang sudah anda buat dengan cara-cara diatas.

0 komentar:

 

Tanztj's Weblog