Tuesday, April 28, 2009

Capture Video di Media Player

Pertanyaan:
Bagaimana cara untuk mengambil gambar dari sebuah video di Microsoft Windows Media Player?

Informasi sederhana:
Sering, seorang pemakai mencoba untuk mengambil suatu gambar atau mengambil suatu layar dari sebuah video di dalam Microsoft Windows Media Player menggunakan tombol “Print Screen”. Sialnya, ketika gambar dimasukan ke dalam program editor gambar, hasilnya merupakan suatu gambaran hitam atau kosong.
Jawaban:
Ada beberapa jawaban berbeda yang berlaku untuk pertanyaan ini. Tergantung pada jenis film/video/tipe file yang sedang dimainkan dan apa codec apa sedang digunakan. Dibawah ini ada beberapa solusi yang dapat digunakan; jika suatu solusi tidak bekerja, dapat menggunakan solusi yang lain.

Solusi Pertama
Selagi Windows Media Player dijalankan, tekan ” CTRL+ I”; pada saat gambar video yang sedang anda saksikan akan diambil gambarnya, lalu Media Player akan menanyakan gambar tersebut akan disimpan sebagai file dengan nama lain yang anda kehendaki.

Walaupun solusi ini adalah suatu solusi gampang dan cepat, anda tidak mendapatkan hasil anda inginkan, gambar yang dihasilkan memiliki resolusi lebih kecil dibanding dengan apa yang anda lihat saat anda menjalankan video tersebut. Jika anda ingin menangkap gambar lebih baik untuk ukuran yang lebih baik, ataupun satu layar penuh, silahkan mencoba solusi yang kedua.

Solusi Kedua
Perhatian: Solusi kedua ini dapat digunakan untuk mengambil gambar dari type apapun video yang anda jalankan.
1.Buka Microsoft Windows Media Player.
2.Pilih meu Tools lalu pilih Options.
3.Dalam menu Options, pilih Tab Performance.
4.Dalam tab Performance pilih tombol Advanced button.
5.Di Video Acceleration Settings hilangkan tanda “check” untuk “Use Overlays”
6.Tekan Ok.
7.Tekan Apply, tekan Yes jika keluar menu pertanyaan, dan tekan Ok di menu Options.

Setelah anda menekan tombol “Print Screen” hasilnya akan disimpan di Clipboard dan anda dapat memindahkannya ke program yang lain dengan cara “Paste”. Cara ini berhasil baik menggunakan editor gambar Microsoft Paint. Silahkan mencoba editor gambar yang lain.
Jangan lupa mengembalikan “User Overlays” pada menu Options jika anda ingin menggunakan fasilitas tersebut.s” box to re-enable this feature.

Solusi Terkahir
Gunakan program tersendiri untuk mengambil gambar dari video. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

 

Tanztj's Weblog